Cara menggunakan laser cutting

Laser cutting dapat Anda gunakan untuk memotong kayu, akrilik, plastik, kain dan banyak bahan non-logam lainnya. Pemotongan bahan dengan system laser memungkinkan Anda untuk membuat desain yang rumit dan membuat potongan yang rinci di semua material. Dengan system laser, mesin laser cutting ini melekat ke komputer Anda seperti layaknya printer. System laser cutting akan memotong desain yang Anda buat pada sebagian besar program perangkat lunak grafis. Anda hanya tinggal mensiapkan material yang akan Anda buat, berimaginasi dan print imaginasi Anda ke laser cutting. Anda juga dapat membuat hiasannya dengan menggunakan laser cutting yang sama, dengan cara meng-engrave.

Cara menggunakan laser cutting

Cara menggunakan laser cutting

Tapi tidak semua mesin laser cutting dapat memotong logam. Karena untuk menembus logam biasanya diperlukan watt laser yang sangat tinggi. Biasanya system laser cutting memiliki watts antara 30-120 watts dengan menggunakan bantuan CO2. Material engraving yang bisa diproses yakni, Kayu, akrilik, plastik, kaca, kulit, corian, kain, logam dilapisi, aluminium anodized, batu, marmer, keramik, milar, papan cetak dan banyak lagi. Sedangkan material cutting biasanya pada kayu, akrilik, plastik, delrin, kain, kulit, melamin, kertas, karet, veneer, gabus dan banyak lagi.

Keuntungan menggunakan laser cutting

  • Laser cutting menciptakan seberkas cahaya yang digunakan untuk memotong material, sehingga tidak ada bagian dari sistem laser yang kontak dengan material.
  • Untuk bahan yang lebih tipis, biasanya sistem laser cutting memiliki Integrated Vacuum Table yang berguna untuk menahan kertas, kain, dan plastik tipis saat Anda memotong-motong bahan.


  • Laser cutting system dapat mengikuti dengan akurat pola yang Anda buat di layar. Dapat memotong beberapa pola dari bahan yang sama, misal dengan menumpuk 4 material MDF sekaligus. Anda bisa mencetak ke laser cutting system dari berbagai program, termasuk software CorelDRAW, AutoCAD dan Adobe.
  • Laser cutting memiliki efiesien listrik yang baik, sehingga menurunkan cost produksi
  • Dapat memotong tembaga, kuningan dan alumunium tanpa masalah.
Cara menggunakan laser cutting

Cara menggunakan laser cutting

Keuntungan utama laser CO2

dibandingkan dengan pemotongan laser laser adalah kecepatan saat mengolah bahan yang lebih tebal, biasanya di atas 5 mm, di mana mesin laser CO2 lebih cepat dalam garis lurus dan juga memiliki waktu tindik yang jauh lebih cepat pada awal pemotongan. Finishing permukaan yang lebih halus dengan mesin CO2 untuk bahan yang lebih tebal.

Incoming search terms:

Your email address will not be published. Required fields are marked *