Bagaimana menggunakan laser untuk memotong acrylic?
Kali ini kita akan belajar bagaimana ‘how to’ memotong acrylic dan mengexplore faktor apa saja yang berpengaruh saat proses pemotongan berlangsung. Apa-apa saja yang perlu kita ketahui sebelum kita membuka jasa laser cutting acrylic

Ekpektasi

Faktor utama yang anda mesti pertimbangkan sebelum memotong, apa ekspektasi dari hasil potong yang anda inginkan? Apakah hasil akhir dari produk akan dilakukan finishing? atau apakah hasil yang dipotong akan digunakan sebagai komponen mekanik dan kualitas hasil potong tidak terlalu penting. Faktor-faktor inilah menentukan jenis cutting yang anda akan hasilkan, jika hasil potong tidak memerlukan finishing anda akan dapat menghemat waktu.

Faktor-faktor lain

Beberapa faktor penting lainnya adalah seperti di bawah ini:
1. Merk Acrylic
2. Type Acrylic
3. Parameter laser yang digunakan
4. Setup Proses saat pemotongan laser



Dengan mengatur variable-variable di atas, anda dapat menghasilkan hasil potong yang baik dan sempurna. Di balik proses mendapatkan hasil potong yang sempurna memang agak sulit. Jasa cutting laser acrylic melakukan jasa potong acrylic menggunakan mesin laser. Acrylic sendiri dipotong dengan menguapkan material padatnya. Laser yang ditembakan diserap oleh bahan acrylic yang menyebabkan acrylic berubah dari bentuk solid ke uap. Proses ini dilakukan dengan degredasi tingkat kimiawi yang sangat rendah. (Jasa laser cutting acrylic).

Jasa Laser Cutting Acrylic

Jasa Laser Cutting Acrylic

Untuk membantu mengurangi jumlah uap acrylic yang menguap, kita membutuhkan vakum yang kuat. Selama proses pemotongan acrylic dengan laser, vakum akan dinyalakan guna membuang jumlah uap yang ada. Uap yang dipancarkan dari proses pemotongan laser sangat mudah terbakar. Tidak disarankan untuk meninggalkan mesin saat pemotongan berlangsung.

Selain vakum, sangat disarankan mesin potong laser memiliki aliran udara masuk. Aliran udara atau nitrogen yang masuk saat pemotongan akan membantu uap menjauh dari area pemotongan. Selain juga sangat membantu dalam mencegah agar uap tidak menyala aliran ini dapat memadatkan sisa cairan sepanjang garis potong. Sisa cairan inilah yang menjadikan lapisan acrylic halus dan glossy pada permukaan pemotongannya. Akan tetapi jika proses peniupan aliran udara berlebihan / tidak lembut / tidak rata ini akan berbalik menyerang hasil cutting. Proses solidifikasi akan terganggu dan menciptakan tepi yang buram atau bergelombang. Jadi memiliki regulator tekanan variabel pada pompa bantu udara adalah suatu keharusan (by Jasa laser cutting acrylic).

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.